Posisi Sejajar Imam dan Makmum dalam Sholat Jamaah

10 04 2010

Apa dalil yang menyatakan bahwa posisi shaf antara imam dan makmum pada shalat jamaah sejajar ?

Jawaban:

Ada beberapa hadits yang menunjukkan posisi shaf sejajar antara imam dan seorang makmum, di antaranya:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَأَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِرَأْسِهِ مِنْ وَرَائِيْ فَجَعَلَنِيْ عَنْ يَمِيْنِهِ

Dari Ibnu Abbas berkata, “Aku pernah shalat bersama Rasulullah di suatu malam, aku berdiri di samping kirinya, kemudian Rasulullah menarik kepalaku dari belakang dan meletakkanku di samping kanannya.” (HR. Bukhari no. 726 dan Muslim no. 763)

Dari hadits di atas dan hadits-hadits semisal, jelas bahwa posisi seorang makmum (laki-laki) adalah di samping kanan sejajar dengan imam, dan tidak ada keterangan dalam hadits bahwa imam agak maju sedikit atau makmum mundur sedikit dari imam.

Atha` berkata,”Imam yang shalat bersama seorang makmum, (maka) shafnya berdampingan sejajar, (makmum) tidak mundur sedikit. Dan ini telah diriwayatkan dari Umar, Ibnu Umar, Ibnu Mas’ud dalam kitab al-Muwaththa’”

Ibnu Utsaimin mengatakan, ”Adapun yang dikatakan oleh para ulama bahwa sepatutnya imam agak maju sedikit, maka ini adalah pendapat yang sangat lemah, lantaran asal hukum bershaf adalah sejajar, dan tidak terdapat dalil yang menjelaskan hal ini.

Ust. Abu Ibrohim Muhammad Ali, pada Majalah Al-Furqon, edisi 12, tahun ke-6, 1428 H/2007 M.
(Dengan pengubahan aksara dan tata bahasa seperlunya oleh KonsultasiSyariah.com)


Actions

Information

2 responses

14 04 2010
Budi

Jabir bin Abdullah meriwayatkan: “Saya melaksanakan salat di belakang Rasulullah, kemudian saya berdiri di samping kanannya. Kemudian datang Jabir bin Shakhr, kemudian ia berdiri di samping kirinya. Maka kemudian Baginda Rasul memegang tangan-tangan kami berdua, hingga menempatkan kami di belakangnya”. (Muslim & Abu Daud)

19 04 2010
Masjid Ar-Royyan

Alhamdulillah. subhanalloh

terima kasih sahabat atas masukannya. Semoga Alloh SWT memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, yang memperkuat niat kita untuk selalu mencari dan mencari kebenaran.

Sahabat, keterangan di atas soal posisi makmum dan imam yang harus sejajar, sebenarnya itu berlaku ketika dalam sholat berjamaah hanya diikuti oleh 1 makmu saja. Afwan, coba perhatikan redaksional dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan’ Aku pernah shalat bersama Rasulullah di suatu malam, aku berdiri di samping kirinya, kemudian Rasulullah menarik kepalaku dari belakang dan meletakkanku di samping kanannya. Kata aku berarti bermakna bahwa pada saat sholat itu dilaksanakan, hanya ada 1 makmum dan 1 imam tentu saja. Jadi sebenarnya, jika membaca kisah ini berarti, ketika melaksanakan sholat berjamaah dengan 1 makmum, sebaiknya/seharusnya posisi antara imam dan makmum adalah sejajar.

Ini berbeda dengan riwayat yang antum sebutkan; bahwa secara redaksional, ada 2 orang makmum yg mengikuti sholat berjamaah tersebut. Imamnya; Rasululloh SAW dan ada 2 makmum; Jabir bin Abdullah dan Jabir bin Shakhr. Logika riwayat tersebut adalah, bahwa jika sholat diikuti oleh 2 org makmum berarti posisi makmum ada di belakang Imam. Bukan di samping kanan ataupun kiri.

Kesimpulannya kita dapat dari 2 riwayat ini adalah; Bahwasanya jika sholat berjamaah diikuti oleh 1 makmum saja, posisi imam dan makmum sejajar (dengan posisi makmum di sebelah kanan imam). Dan jika sholat berjamaah diikuti oleh lebih dari 1 makmum (2-3-4 dst..) berarti posisi makmum wajib di belakang imam.

Wallahu a’lam bishawab

Demikian keterangan dari redaksi Sahabat Ar Rayyan semoga berkenan.

Jazzakallah khoir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: